Tuesday, July 19, 2011

Travelling #4: Luoyang, Kota Kembang Kepunyaan Cina

Setiap 1 Mei warga China libur panjang dalam rangka Hari Buruh Nasional. Saya salut deh sama apresiasi negara untuk mereka. Yah, walaupun belum sebanding dengat peluh yang berjam-jam mengucur setiap harinya tanpa letih dan lelah, setidaknya ada waktu bonus untuk berkumpul dengan keluarga. Nah, liburan kali ini saya main ke kota asal teman saya namanya A Zhen. Rumahnya di Luoyang, sebuah kota yang terkenal dengan bunga peony atau dalam bahasa Mandarin disebut Mudan Hua. Akhir April atau awal Mei adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke Luoyang. Bunga-bunganya sedang bermekaran, sungguh sangat memanjakan mata dan hati dengan keindahannya. Letaknya di taman kota, begitu strategis dan mudah dijangkau. Bagi yang cinta gratisan seperti saya, datanglah kesini sebelum jam 6 pagi. Bagi yang sudah penasaran seperti apa Mudan Hua, ni dia bentuk dan rupanya! :










Nah, kalau ingin melihat bunga ini dalam keadaan cantik-cantik seperti ini, datanglah di awal atau pertengahan musim semi. Kalau terlambat sedikit, kebanyakan bunganya akan layu dan dijamin kunjungan Anda ke Luoyang akan mengecewakan. 

Acara jalan-jalan saya di Luoyang bukan hanya sampai disini. Tunggu posting cerita seru di  Longmen Grottoes! Kalau mau nyolong start belajar duluan, silakan klik disini: http://en.wikipedia.org/wiki/Longmen_Grottoes

Selamat belajar! (:

No comments:

Post a Comment