Tuesday, July 19, 2011

Jiao Zi (Dumpling)

Ini dia makanan khas nomor satu dari China...

Jiao Zi (饺子) atau dumpling
Namanya 饺子 (pinyin: Jiao Zi, bahasa Inggris: dumpling), nah, kalau Bahasa Indonesia namanya apa ya? Pangsit rebus mungkin ya? Hehehe. Jiao Zi ini merupakan hidangan khas China yang sudah terkenal dari sekitar 500 atau 600 tahun yang lalu. Jiao Zi juga merupakan santapan wajib warga China di acara atau perayaan khusus seperti tahun baru atau Spring Festival misalnya. 

Nah, isi di dalam Jiao Zi ini bisa macam-macam, contohnya: daging (sapi, domba, ayam, babi, atau ikan), sayuran, ataupun tahu. Jaio Zi bisa disajikan dengan direbus atau digoreng. Jiao Zi seperti di gambar biasa dinikmati dengan cuka dan sambal, kadang-kadang juga bisa disajikan berkuah, mirip sekali dengan pangsit rebus di Indonesia. Harganya pun bermacam-macam, tergantung tempat dan kualitas lah ya. Tapi saya simpulkan harganya sekitar 10 RMB ke atas, tergantung isi dan restoran yang menjualnya. Tenang, tidak harus beli di restoran besar kok, banyak sekali warung kaki lima yang menyajikan Jiao Zi yang rasanya ciamik!

Mau tau lebih banyak? Boleh di klik di: http://www.beijingservice.com/beijinghighlights/dumpling.htm
Memang bukan wikipedia atau site yang terkenal, tapi disini ada cara membuat Jiao Zi  bagi yang mau coba-coba masak. Happy Cooking! :p

3 comments:

  1. Wah, saya suka sekali dengan Jiao Zi ini.. Kalau di China sepertinya enak yah.. Tapi yang Pangsit Rebus ALA Indonesia (sepertinya memang Jiao Zi yang Rizkya bilang deh) enak juga.. Apalagi kalau isinya itu UDANG :) Nyummy..

    Saya juga baru menikmati Es Teler yang topping gula duriannya tiada dua .. Baca juga pada tautan : http://blog.kabarfikar.com/2011/07/nostalgia-bersama-es-teler-panaikang.html :)

    ReplyDelete
  2. Hehe, emang rasanya sip banget deh, tapi saya kurang suka rasa cukanya, orang Cina suka sekali 'nyocol' jiao zi ke cukanya itu, aneh :p Es telernya bikin mupeng sekali :o

    ReplyDelete
  3. @rizkya : hahahah.. memang lebih enak tanpa cuka, langsung di lahap ajah .. hehehe..

    enak kan es teler dari Makassar .. hehehehe .. mupeng juga pengen Jiao Zi :D

    ReplyDelete